Saturday 8 November 2008

METODOLOGI PENELITIAN

METODOLOGI PENELITIAN AKSEPTOR BARU KB YANG MENGGUNAKAN AKDR
DESAIN PENELITIAN
Desain atau rencana penelitian merupakan suatu strategi untuk mengatur latar belakang (setting) penelitian agar memperoleh data yang dapat sesuai dengan karakteristik variabel dan tujuan penelitian. Rencana penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif, dimana penelitian hanya untuk mengetahui faktor apa yang mempengaruhi rendahnya cakupan akseptor baru KB yang menggunakan AKDR.
Menurut Notoatmodjo (2002 : 138), penelitian deskriptif adalah suatu metode penelitian yang dilakukan dengan tujuan utama membuat gambaran tentang suatu keadaan secara objektif.
POPULASI DAN SAMPEL
Pengertian Populasi
Populasi adalah subjek yang hendak diteliti dan memiliki sifat-sifat yang sama. Menurut Notoatmodjo (2002 : 79) populasi adalah keseluruhan objek penelitian atau objek yang diteliti sedangkan menurut Arikunto (2002 : 108) populasi adalah keseluruhan subjek penelitian.  Adapun yang menjadi populasi adalah seluruh Pasangan Usia Subur yang belum ber KB.
Pengertian Sampel
Sampel adalah sebagian dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki oleh populasi tersebut (Notoatmodjo, 2002 : 79), sedangkan menurut Arikunto (2002 : 109) sampel adalah sebagian atau wakil dari populasi yang diteliti. Dalam menentukan sampel apabila populasinya kurang dari 100 maka lebih baik diambil semuanya sehingga penelitian ini merupakan penelitian populasi.
Sedangkan bila populasinya berjumlah lebih dari 100 maka sebaiknya diambil 10% - 15% (Arikunto, 2002 : 112). Populasi dalam penelitian ini adalah 600 orang PUS yang belum ber KB. Sampel yang diambil adalah 10% dari total populasi yaitu 60 orang, untuk memperoleh sampel yang diingikan maka teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel random sampling, yaitu cara pengambilan sampel dengan cara acak sederhana (Notoatmodjo, 2002 : 85). Dalam penelitian ini dilaksanakan dengan cara undian.

No comments: